Selasa, 03 Agustus 2010

DASAR SISTEM INFORMASI

Sistem Informasi Akuntansi
*SIA : menggunakan sistem pemrosesan transaksi untuk mencatat berbagai operasi transaksi yang terjadi, yang mempengaruhi status finansial organisasi.
*Sistem ini mengenai operasional sistem akuntansi, dan menangani laporan historis dari semua transaksi yang terjadi dalam jumlah besar.
*Sistem ini membuat berbagai report seperti laporan keseimbangan keuangan dan rekening masukan yang semuanya memberikan gambaran finansial dari organisasi.
Ciri dalam transaksi SIA :
*Menghasilkan jumlah data yg besar, yg tiap hari selalu diproses, disimpan dan membutuhkan kecepatan akses yg cepat serta keakuratan yg tinggi.
*Membutuhkan kemudahan dalam pengoperasian pengontrolan serta prosedur error-checking yg baik dalam menjaga sekuritas dan keakuratan data.
*Dirancang khusus untuk kemudahan audit data, serta tracing (menelusuri) transaksi yg terjadi.
*Beberapa menggunakan aplikasi DDS dan MIS, misal digunakan dalam menentukan estimasi dan perencanaan anggaran.
Sistem informasi akuntansi ini dapat terbagi menjadi beberapa subsistem seperti :
*Sistem laporan penerimaan (account receivable)
*Sistem laporan pembayaran (account payable)
*Sistem penggajian (payroll)
*Sistem buku besar (general ledger)

Sistem Informasi Keuangan/Finansial
*Sistem informasi finansial menyediakan informasi yg menyangkut ke kedua kegiatan, yaitu akusisi uang/dana untuk berbagai operasi keuangan bisnis dan alokasi dan pengawasan sumber keuangan organisasi.
*SIA : fokus pada pencatatan data yang dihasilkan dari operasi harian suatu bisnis, VS Sistem informasi finansial (SIF) : fokus pada perencanaan dan pengawasan keuangan.
*Sehingga SIF lebih bergantung pada aplikasi DDS.
*SIF kurang memperhatikan ke-akurasian data daripada SIA, sebab beberapa variabel finansial berorientasi masa depan dan susah untuk diprediksi dengan tepat.

SIF dapat terbagi atas beberapa sub sistem meliputi :
*Requirement analysis
*Planning
*Cash management
*Credit management
*Capital expenditure system (sistem anggaran belanja RT)

Sistem Informasi Pemasaran
*Marketing information system (MIS): meliputi detail transaksi penjualan hari demi hari, memanajemenkan dan mengontrol operasi marketing, serta merencanakan penjualan dan berbagai strategi di masa datang.
*MIS berhubungan dengan market dan produk saat ini, serta rencana-rencana utk market dan produk di masa datang.
*MIS bergantung pada TPS (Transaction processing system), MIS (management information system) dan DDS.
*MIS dapat terbagi menjadi dua sub sistem : sistem penjualan dan sistem pemasaran.

*Sistem penjualan : mencatat data mengenai transaksi penjualan tiap hari (misal nama pelanggan, jumlah item, jumlah yg dipesan, pembayaran dan alamat pengepakan). Transaksi demikian tercatat oleh TPS.
*Sistem marketing : memfokuskan pada perencanaan dan pengawasan/kontrol dan bergantung pada MIS dan DDS.
*Dengan MIS data dihasilkan oleh sistem sales untuk menyediakan informasi tentang kondisi produk dan tugas dari staff penjualan.
*DDS : membantu merencanakan untuk kedepan, dengan membimbing pada berbagai pekerjaan seperti meramalkan penjualna, merencanakan berbagai harga, merancang strategi promosi.

Sistem informasi pemasaran juga dapat disusun dalam beberapa sub-sistem yg meliputi:
*Sistem order entry,
*Sistem customer profile
*Sistem product management
*Sistem sales forecasting
*Sistem advertising
*Market research system

Sistem informasi produksi/operasi
*Sistem ini mendapatkan dan memproses data mengenai semua aktivitas yg mencakup produksi yg baik dan pelayanan (services)
*Tujuan dari sistem informasi ini :
**Digunakan dlm merencanakan, monitoring dan mengontrol proses produksi yg terjadi sehingga lebih efisien.
**Menghasilkan efisiensi proses produksi, kontrol kualitas yg ketat serta menghasilkan produk yg lebih bagus.
**Mengurangi biaya dari penggunaan berbagai inventarisasi dengan mendapatkan kontrol material yang baik.

Sistem ini juga terbagi dalam sejumlah sub-sistem yaitu :
*Master production schedule
*Material requirement planning
*Capasity planning
*Engineering
*Production control
*Plant maintenance
*Process and numerical control
*Physical distribution system

Human resources information system
SI SDM dalam organisasi mencakup :
*Recruitmen
*Placement
*Evaluation
*Compensation
*Development employee
Tujuan dari sistem informasi ini : mencapai efektivitas dan efisiensi penggunaan dari SDM.
Sistem informasi ini juga terbagi atas sub-sistem yg meliputi :
*Payroll and labor analysis
*Personnel record
*Personnel skill inventory
*Recruitment training
*Development analysis
*Compensation analysis
*Human resources requirement forecasting system

Tidak ada komentar:

Posting Komentar